Pemkot Akan Dorong Pegawai Swasta Untuk Wajib Kenakan Batik Khas Bekasi 2019

Koranibm.com Pemkot Bekasi akan mengeluarkan kebijakan mengenakan batik khas Bekasi untuk instansi swasta. Kebijakan yang akan diberlakukan pemerintah pada tahun depan itu dilakukan agar instasi swasta dan pengusaha bisa memberikan promosi khas daerah yang dominan bergerak dibidang jasa dan perdagangan tersebut..

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono mengatakan, beberapa waktu lalu pemerintah telah membicarakan rencana ini kepada pihak perbankan di wilayah setempat. Mereka setuju penggunaan khas batik daerah, karena bisa memperkenalkan identitas ‘Kota Patriot’ kepada masyarakat terutama, nasabah yang datang ke bank.

“Pada dasarnya mereka setuju dan kami berencana akan membuat surat edaran kepada para pengusaha atau instansi swasta dalam penggunaan batik khas daerah,” kata Tri pada Jumat, 7 Desember 2018 kemarin. Sebetulnya di kalangan aparatur sipil negara (ASN) pemerintah telah mengeluarkan instruksi agar mereka mengenakan batik khas daerah pada hari tertentu.

Apalagi Kota Bekasi telah mengantongi hak cipta motif batik dari Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) sejak 2016 lalu. Di sisi lain, penggunaan batik ini juga mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 6/2016 tentang Pakaian Dinas PNS.

“Aturan itu menyebut bahwa setiap hari Kamis, ASN mengenakan batik. Kami berharap, pihak swasta juga menerapkan demikian, namun batik yang dikenakan khas Kota Bekasi,” ungkapnya. Kota Bekasi memiliki 12 motif ciri khas seperti bentuk rumah adat, tanaman kecapi, ikan gabus, bambu runcing dan sebagainya.

Selain mengedukasi masyarakat, penggunaan batik juga bisa melestarikan produk anak bangsa yang diakui dunia.”Karena batik Bekasi sangat khas, dan wajib dipromosikan keluar daerah,” tegasnya.

Kabid Pemasaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Helfiana Sudirman menambahkan, nantinya di setiap kantor instansi swasta akan dibangun booth (tenda) kerajinan batik khas Kota Bekasi. Sejauh ini, mereka setuju dengan rencana pemerintah daerah.”Saya sedang berkoordinasi dengan Dinas UMKM tentang jumlah perajin batik,” ucapnya.

Bekasi merupakan daerah yang menjadi perbatasan antara Jawa Barat dan Jakarta sehingga aspek kebudayaan di kawasan itu dipengaruhi oleh beberapa kebudayaan. Batik merupakan salah satunya.

Batik khas Bekasi memiliki pola unik yang berasal dari keberagaman budaya di Kota Patriot tersebut. Batik khas Bekasi bisa Anda temukan di banyak tempat, salah satunya di Jalan KH. Agus Salim, Bekasi Timur.

Batik Bekasi adalah salah satu produk budaya yang menggambarkan perjuangan Kota Patriot dalam perjuangan melawan kaum penjajah.

Tidak banyak yang tahu bahwa bekasi memiliki batik khas yang menjadi identitasnya. Batik ini juga menggambarkan keberagaman budaya yang ada di bekasisSeperti Betawi, Sunda, dan Jawa.

Batik Bekasi memiliki keunikan tersendiri disbanding batik pada umumnya. Anita, salah seorang pengurus toko batik khas Bekasi menjelaskan, hal  yang membedakannya adalah bahwa gambar-gambar yang terdapat di dalamnya mencantumkan tugu Bekasi, Rawa Pasung, bunga telang, bunga tunjung, dan banyak lagi.

“Hal itu berbeda dengan batik-batik dari daerah Jawa Tengah yang polanya banyak dihiasi mega mendung seperti awan. Kalau batik Bekasi pasti ada lele, ada tugu, atau ondel-ondel Betawi,” ujarnnya

Motif batik bekasi diperkaya nuansa flora, fauna, dan sejarah bekasi. Salah satunya adalah motif tugu bekasi yang menggambarkan peristiwa pembakaran Kota Bekasi oleh tentara sekutu pada masa menjelang kemerdekaan Indonesia.

Ragam motif Bekasi ini yang menjadi minat pemerintah Bekasi untuk melestarikan batik dan mengangkat kerifan lokal agar dapat terjaga nilai estetikanya. Perhatian Pemerintah Kota Bekasi terhadap Batik Bekasi diwujudkan dengan memberikan dukungan kepada masyarakat yang menekuni usaha Batik Bekasi. Pinjaman dengan bunga lunak dan promosi ke berbagai daerah juga sudah dilakukan untuk menjadikan batik Bekasi dikenal dan dicintai masyarakat, tidak hanya masyarakat Bekasi tapi juga masyarakat Indonesia. Ada komunitas Batik Bekasi yang kini mendapat dukungan pemerintah daerah. Namanya KOMBAS, atau Komunitas Batik Bekasi. Komunitas ini yang mengkoordinir perajin-perajin yang ada di Kota Bekasi.(Anna Ceyshia)

Foto : Istimewa

FUTEBOL MOLEQUE

FUTEBOL MOLEQUE

Leave a comment

Your email address will not be published.


*