Pembangunan Infrastuktur, Salah Satu Penyebab Menjamurnya Properti di Bekasi

Koranibm.com-Program nawacita dari pemerintah khususnya di bidang infrastruktur terus berjalan. Pembangunan Jalan Tol Becakayu, LRT, serta Tol Elevated Jakarta-Cikampek, diperkirakan akan memberikan stimulus ekonomi wilayah koridor timur Jakarta.

Pembangunan Tol Becakayu sendiri, saat ini tengah dalam pekerjan konstruksi. Rencananya, jalan tol yang berada di atas Jalan Kalimalang ini akan menghubungkan dua titik, yaitu Pedati menuju Tambun.

Proyek LRT Bekasi Timur Cawang – Dukuh Atas juga tengah berjalan, dan diperkirakan pada tahun 2019 moda transportasi massal ini akan beroperasi.

Tol Elevated Jakarta Cikampek pun sudah mulai berjalan pembangunannya. Jalan Tol sepanjang 38 km yang akan membentang dari Cikunir sampai Karawang Barat yang dibangun mulai tahun 2017, diperkirakan akan selesai pada bulan Maret 2019.

Banyak pihak memperkirakan, Bekasi akan menjadi metropolitan bayangan Jakarta. Dengan jumlah penduduk yang hampir mencapai 3 juta jiwa, ditambah dengan keberadaan kaum suburban, Bekasi akan menjadi magnet bagi kalangan swasta untuk berinvestasi di kawasan ini.

Harun Al Rasyid, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi mengatakan, perkembangaan Bekasi saat ini tidak lagi hanya berperan sebagai penopang Jakarta, tetapi sedang mengarah pada sebuah kota metropolis.

Soal progres terkini, jika beberapa waktu belakangan pasar hunian di kawasan Bekasi Barat terus-menerus menunjukkan tren positif, kini pertumbuhannya sudah bergeser ke sisi timur.

Ke depan, Bekasi Timur diprediksi menjadi pintu masuk bagi kaum suburban untuk menuju Jakarta menyusul pembangunan infrastruktur yang terus berjalan. Mulai dari sarana transportasi massal seperti LRT, Tol Becakayu, hingga Elevated Tol Jakarta – Cikampek.

“Gencarnya pembangunan berbagai infrastruktur, terutama di bidang transportasi akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi perkembangan Bekasi. Dan ini akan mengubah wajah Kota Bekasi menjadi lebih baik di masa yang akan datang,” kata Harun di Jakarta, Jumat (14/4/2018).

Keberadaaan LRT, Tol Becakayu serta Elevated Tol Jakarta Cikampek, akan mengurangi tingkat kemacetan yang setiap hari terjadi di jalan-jalan menuju Jakarta. Selain itu juga akan menimbulkan dampak terhadap perkembangan ekonomi daerah.

Adanya sarana transportasi yang memadai dan nyaman, diperkirakan makin banyak masyarakat yang akan menjadi kaum sub urban di Bekasi. “Apalagi  kaum sub urban ini akan memberikan stimulus bagi perekonomian Bekasi,” tambah Harun.

Pembangunan Properti Makin Subur

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah, khususnya sektor transportasi, diyakini memberikan dorongan terhadap sektor properti di Bekasi Timur.

Kota Bekasi yang kerap dijuluki “planet”’ karena tingkat kemacetannya ternyata menyimpan prospek properti menjanjikan. Setidaknya hal ini dibuktikan dengan pesatnya perkembangan proyek perumahan baru dari developer lokal maupun asing di Bekasi.

Menurut Rumah.com Property Index, median harga hunian di wilayah Bekasi pada kuartal pertama (Q1) 2018 mencapai Rp7,73 juta per meter persegi. Naik 2,33% dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter-on-quarter).

Penulis: Anna Ceyshia

Foto: Berbagai sumber

FUTEBOL MOLEQUE

FUTEBOL MOLEQUE

Leave a comment

Your email address will not be published.


*