Mengenal 4 Taman Nasional Terbesar di Indonesia dari Sumatera hingga Papua

koranibm.com – Saat ini  Indonesia memiliki 54 taman nasional yang tersebar dari Sumatra hingga Papua. Yuk intip, empat di antaranya yang memiliki wilayah paling luas. Indonesia memiliki beragam kekayaan alam yang jadi daya tarik wisatanya. Termasuk deretan taman nasional Indonesia memiliki 54 taman nasional yang tersebar dari Sumatra hingga Papua.

Enam di antara 54 taman nasional tersebut merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, dan sembilan taman nasional menjadi bagian dari Jaringan Cagar Biosfer Dunia. Kemudian, lima taman nasional merupakan lahan basa.

1. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz menjadi daya tarik wisata utama di Papua selain Raja Ampat. Taman  Lorentz memiliki luas wilayah luas mencapai 25.050 km persegi.

Terbentang dari puncak gunung Jayawijaya dengan salju abadinya sampai ke perairan laut Arafura. Di Taman Nasional Lorentz, ada banyak jenis vegetasi dan satwa yang tidak ditemukan di tempat lain. Bahkan, Taman Nasional Lorentz dijuluki sebagai taman nasional terlengkap se-Asia Pasifik.

2. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Satu lagi taman nasional terbesar di Indonesia terletak di Papua, yaitu Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

Luas wilayah Taman Nasional Teluk Cenderawasih mencapai 14.535 kilometer persegi, dengan 90 persen wilayahnya didominasi perairan. Ada 500 jenis karang dan 950 jenis ikan karang yang ada di sini.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih berada di Provinsi Papua Barat dan meliputi beberapa pulau. Yakni, Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon, dan Yoon, dengan luas wilayah 13.750 kilometer persegi

Di Taman Nasional Teluk Cenderawasih, traveler juga bisa menyelam bertemu ikan hiu paus.

3. Taman Nasional Kerinci Seblat

Dengan luas wilayah 13.750 kilometer persegi, Taman Nasional Kerinci Seblat menjadi taman nasional terbesar ketiga di Indonesia.

Taman Nasional Kerinci Seblat mencakup beberapa wilayah provinsi. Seperti Jambi, Bengkulu, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

Ada 4000 jenis flora. 42 jenis mamalia, 10 jenis reptil, 6 jenis amfibi, 306 jenis burung dari 49 famili, dan 8 jenis burung endemik yang menghuni kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

4. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara dan terkenal dengan keindahan taman lautnya.

Taman Nasional Wakatobi memiliki luas wilayah 13.900 kilometer persegi dengan ekosistem terumbu karang yang masih lestari.Seringkali, Taman Nasional Wakatobi menjadi spot diving dan snorkeling wisatawan dari mancanegara.

Sementara, nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau utama di arealnya.Yakni, Wangi-wangi, Kaledupa, Togian, dan Binongko.

Penulis: Devita Rahayu

Foto: Berbagai sumber).

FUTEBOL MOLEQUE

FUTEBOL MOLEQUE

1 Comment on Mengenal 4 Taman Nasional Terbesar di Indonesia dari Sumatera hingga Papua

  1. Satrian Hermawan putra wijayanto wiliam pratama // November 7, 2018 at 18:33 // Reply

    Wah Indonesia mantap Lanjut terus koran ibm

Leave a comment

Your email address will not be published.


*