Kantor Kecamatan di Bekasi Mudahkan Layanan Administrasi

Koranibm.com – Mulai Senin (12/11), Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi membuka pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) seperti pembuatan e-KTP di kantor kecamatan. Sebelumnya, pengurusan adminduk ini dilakukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi.

Hari pertama pelaksanaan adminduk di 12 Kantor Kecamatan yang ada di Kota Bekasi, disambut antusias oleh masyarakat. Mereka merasa senang dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi ini. Mengingat warga tidak perlu lagi datang jauh-jauh untuk mengurus segala macam administrasi ke Kantor Disdukcapil Kota Bekasi.

Hal inilah yang dirasakan oleh Rizki, saat mengurus e-KTP di Kantor Kecamatan Rawa Lumbu. “Alhamdulillah, saya senang atas kebijakan Pemkot Bekasi. Sekarang mengurus segala administrasi cukup sampai kecamatan, tak perlu jauh ke kantor dukcapil kota. Lebih dekat dan tidak rumit,” kata Rizki.

Sepi Antrian

Sementara itu, di Kantor Disdukcapil Kota Bekasi pada hari pertama pemindahan pelayanan adminduk ke kantor kecamatan, terlihat sepi dari antrian pengunjung. Hal tersebut diakui oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Jamus, saat ditemui diruang kerjanya.

”Ya, tidak seperti kemarin-kemarin antriannya. Ada yang datang namun tidak banyak. Rata-rata masyarakat yang datang hanya menanyakan informasinya, agar lebih jelas,” ungkap Jamus.

Pihaknya juga berusaha meminimalisiir bila terjadi masalah, dan ditanggulangi secara cepat. Meski terdapat kendala, diakui Janus, pelaksanaan pengurusan aminduk di kantor kecamatan berjalan baik. Masalah yang kerap terjadi biasanya terkendala jaringan internet yang tidak lancar.

Jamus juga menambahkan, untuk mempermudah masyarakat saat ini juga sudah tersedia aplikasi simpaduk.bekasikota.go.id untuk pengajuan e-KTP baru dan tarik data kedatangan penduduk.

 

Penulis: Anna Cheshia

Foto: Istimewa

FUTEBOL MOLEQUE

FUTEBOL MOLEQUE

Leave a comment

Your email address will not be published.


*