6 Tips Makan Sushi Enak dan Menyehatkan

Koranibm.com-Siapa yang tidak mengenal shusi? Makanan asal Jepang yang kini sudah mendunia. Makanan berbahan dasar ikan laut ini terkenal sebagai makanan sehat. Lantaran kandungan berbagai macam gizi yang ada di dalamnya.

Dalam perkembangannya, shusi banyak sekali mengalami modifikasi. Baik dari soal rasa maupun cara pembuatannya. Biasanya hal ini disesuaikan dengan lidah masing-masing orang di setiap negara, tidak terkecuali di Indonesia.

Terkadang dalam pengolahannya, shusi bisa menjadi makanan yang tidak lagi sehat. Karena saat dibuat menjadi makanan, teralalu banyak kandungan minyak, lemaknya terlalu, dan hal lainnya. Hingga membuat shusi sudah tidak sehat lagi untuk dikonsumsi.

Mengutip dari CNN Indonesia, begini cara memiilih sushi gulung agar tetap menyehatkan berdasarkan saran ahli gizi.

1). Pilihlah Tuna dan Salmon

Carol Ann Rinzer, penulis Nutrition For Dummies mengungkapkan bahwa sushi adalah definisi dari makanan yang rendah lemak misalnya seperti tiram segar dan juga kerang. Namun jika Anda menyantapnya dengan cara yang tidak tepat, maka ini sama sekali tidak rendah lemak.

“ Untuk memaksimalkan sushi, pilihlah sushi yang kaya akan omega-3. Lemak tak jenuh akan melindungi jantung dan meningkatkan kekurangan otak” kata Carol Ann Rinzer di kutip dari Shape.

Rinzer juga menyarankan salmon dan juga tuna, sebagai sushi paling sehat untuk di pesan. Salmon dan tuna merupakan sushi yang rendah kalori yaitu 40 kalori. Untuk per ons salmon dan tuna yaitu 42 ons, Keduanya juga mengandung omega-3, protein yang tinggi, dan vitamin D.

2) Pertimbangkan lagi dalam pemakaian wasabi

Wasabi memang mengandung antioksidan seperti isothiocyanates. Rasanya yang sangat tajam dan baunya yang menyengat ini menandakan kalau wasabi memliki kandungan antikanker yang bermanfaat.

3) Jauhi remah-remahan gorengan

Biasanya kebanyakan orang menambahkan remah-remahan gorengan dan ditaburi di atas sushinya. Margaux J. Rathbun, seorang ahli nutrisi terapi menyarankan untuk menjauhi atau tinggalkan crunchy roll yang digoreng sampai bewarna keemasan atau kecokelatan. “Semakin sederhana sushi roll-nya, maka semakin baik,” kata Margaux J. Rathbun.

4) Tambahkan sayuran sushi yang segar

Menambahkan sushi sayuran dalam sepiring makanan khas Jepang ini, merupakan pilihan yang sangat tepat. Banyak sekali di restoran-restoran sushi yang menambahkan menu vegetarian ke dalam menunya seperti alpukat, mentimun segar, rumput laut, dan sebagainya.

5) Jahe Merah

Selain wasabi yang sebagai sambal sushi jangan lupa untuk memakan jahe merah yang selalu disediakan dipiring sushi, Karna jahe merah akan membantu meningkatkan ssstem imun dan menjadi antimikroba dan antivirus yang sangat efektif.

6) Kurangi kecap asin

Memang rasanya tidak lengkap  kalau makan sushi tidak memakai kecap asin. Tetapi Katie Clark sang ahli diet dari San Diego mengungkapkan bahwa harus mengurangi celupan kecap asin di atas sushi untuk mengurrangi kadar garam di dalam tubuh.

Penulis: AL/IK/01/PRAK

Foto: CNN Indonesia

 

FUTEBOL MOLEQUE

FUTEBOL MOLEQUE

Leave a comment

Your email address will not be published.


*